KENDARAAN BERTEKNOLOGI HYBRID

Image

Menteri Riset dan Teknologi/Ketua Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Kusmayanto Kadiman mengatakan, pengkajian dan pengembangan teknologi mesin hybrid pada kendaraan bermotor merupakan wujud kontribusi BPPT kepada kota-kota besar mengurangi polusi.

“Ini akan membuat Indonesia menjadi negara yang bersih dari polusi dan tidak akan tertinggal pada masalah teknologi Hybrida,” kata Kusmayanto, usai penandatanganan kerjasama antara Balai Termodinamika, Motor dan Propulsi (BTMP) dengan PT Honda Prospect Motor, tentang Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Hybrid di Puspitek Serpong, Senin.

Gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor merupakan penyumbang terbesar polusi udara di perkotaan. Beberapa produsen kendaran bermotor telah mengembangkan kendaraan dengan sistem hybrid yang hemat energi dan rendah emisi.

Kusmayanto mengatakan, salah satu peraturan internasional adalah dikeluarkannya aturan mengenai ambang batas emisi gas buang kendaraan bermotor oleh PBB yang pelaksanaannya diserahkan ke negara yang bersangkutan.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup telah mengambil langkah positif dengan menerbitkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 141 Tahun 2003 tentang ambang batas emisi gas buang kendaraan bermotor tipe baru dan kendaraan bermotor yang sedang diproduksi. Peraturan ini mulai berlaku tahun 2005.

Dalam waktu dekat kendaraan hybrid gasoline-listrik akan masuk pasar Indonesia. Untuk mengantisipasi kemajuan teknologi ini, BPPT ditunjuk sebagai instansi Pemerintah yang memiliki berbagai laboratorium serta sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten terkait dengan bidang otomotif.

BPPT saat ini telah memiliki fasilitas uji otomotif seperti uji kemampuan mesin dan uji emisi gas buang, uji konstruksi serta uji lain yang cukup memadai dan dapat mengambil peran dalam pengkajian dan penerapan teknologi hybrid tersebut.

Sementara itu, Kepala Balai Termodinamika, Motor dan Propulsi (BTMP) Nila Darmitri mengatakan, dalam usaha mencari bahan bakar alternatif dari BBM serta menurunkan tingkat polusi akibat emisi gas buang kendaraan bermotor, sejak tahun 2003 BTMP bersama unit lain di BPPT melaksanakan pengkajian dan pengujian kendaraan bermotor dengan menggunakan bahan bakar alternatif.

“Kita telah mencoba BBG, Biodiesel, dan bioetanol. Pengujian yang dilaksanakan menunjukkan perbaikan emisi gas buang yang cukup signifikan,” katanya.

Ia mengatakan salah satu teknologi kendaraan bermotor yang sedang gencar dilakukan pengembangannya adalah teknologi mesin hybrid bensin listrik yang juga disebut sebagai salah satu eco-car (kendaraan ramah lingkungan).

“Selain mengurangi polusi, teknologi hybrid juga dapat mengurangi pemakaian bahan bakar hingga separuhnya. Teknologi ini menggabungkan motor bensin dengan motor listrik dan juga berfungsi sebagai generator untuk mengisi ulang batere,” jelasnya.

Industri yang telah banyak melakukan penelitian dan mengembangkan teknologi hybrid antara lain Honda, Toyota, Ford, General Motor dan Chrysler.

sumber : http://www.gatra.com

Terus Melangkah Maju Dan Ciptakan Inovasi Terbaru

Posted in Technology

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s