Macintos history (sejarah)

Macintosh

 

A beige, boxy computer with a small black and white screen showing a window and desktop with icons.

Macintosh asli, komputer pribadi pertama yang sukses secara komersial yang menggunakan antarmuka pengguna grafis, bukan baris perintah.

A wide, thin, and sleek computer made of aluminum with a large screen.

Sebuah komputer iMac bulan Agustus 2009, suatu bentuk Macintosh terpadu.

Macintosh, atau disingkat Mac, adalah salah satu jenis komputer personal berbasis PowerPC yang diproduksi oleh Apple. Komputer ini dinamakan berdasarkan McIntosh, jenis apel yang disukai Jef Raskin. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Macintosh adalah komputer pertama yang memperkenalkan sistem antarmuka grafis (GUI). Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple adalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal.

Pembuatan Mac merupakan suatu wujud model integrasi vertikal yang mana Apple memfasilitasi seluruh aspek perangkat keras dan juga sistem operasinya yang terinstal di dalam seluruh komputer Mac. Hal ini berbeda dengan komputer tipe PC pada umumnya, di mana banyak produsen membuat dan mengintegrasikan perangkat keras dengan sistem operasi yang dibuat oleh produsen lain. Sementara itu, Apple secara eksklusif membuat perangkat keras Mac dan mengatur bagaimana sistem internalnya, desain, dan juga harganya. Tidak hanya itu, Apple juga tidak melisensikan Mac OS X untuk komputer non-Apple.

Jenis-jenis Macintosh

  • 1984: Macintosh 128K, Macintosh 512K
  • 1986: Macintosh Plus
  • 1987: Macintosh II, Macintosh SE
  • 1988: Macintosh IIx
  • 1989: Macintosh SE/30, Macintosh IIcx, Macintosh IIci, Macintosh Portable
  • 1990: Macintosh IIfx, Macintosh Classic, Macintosh IIsi, seri Macintosh LC
  • 1991: Macintosh Quadra, PowerBook
  • 1992: Macintosh IIvx, PowerBook Duo
  • 1993: Macintosh Centris, Macintosh Color Classic, Macintosh Performa, Macintosh TV
  • 1994: Power Macintosh
  • 1997: Power Macintosh G3, PowerBook G3, Twentieth Anniversary Macintosh
  • 1998: iMac
  • 1999: iBook, Power Macintosh G4
  • 2000: Power Mac G4 Cube
  • 2001: PowerBook G4
  • 2002: eMac
  • 2003: Xserve, Power Mac G5, iMac G4
  • 2004: iMac G5
  • 2005: Mac mini
  • 2006: MacBook, MacBook Pro

Sejarah Perusahaan: 1976-1981

CATATAN: Perusahaan Bagian Sejarah tidak lagi aktif dipertahankan, meskipun akurat sampai 2004. Untuk lebih detail (dan saat ini) sejarah perusahaan, dapat ditemukan di Wikipedia

Steven Wozniak dan Steven Jobs sudah berteman di SMA. Mereka berdua telah tertarik pada elektronik, dan keduanya telah dianggap sebagai orang luar. Mereka terus berhubungan setelah lulus, dan keduanya akhirnya putus sekolah dan mendapatkan pekerjaan bekerja untuk perusahaan di Silicon Valley. (Woz untuk Hewlett-Packard, Jobs untuk Atari)

Wozniak telah berkecimpung dalam komputer desain untuk beberapa waktu ketika, pada tahun 1976, ia merancang apa yang akan menjadi Apple I. Jobs, yang memiliki mata untuk masa depan, bersikeras bahwa ia dan Wozniak mencoba untuk menjual mesin, dan pada 1 April 1976, Apple Computer lahir.

Para kolektor tidak mengambil Apple saya sangat serius, dan Apple tidak mulai lepas landas sampai tahun 1977, ketika Apple II memulai debutnya di pameran dagang komputer lokal. Komputer pribadi pertama yang datang dalam kasus plastik dan termasuk grafis warna, Apple II merupakan mesin yang mengesankan. Pesanan untuk komputer Apple yang dikalikan dengan beberapa kali setelah diperkenalkan. Dan dengan pengenalan pada awal ’78 dari Apple Disk II, yang paling murah, mudah digunakan drive floppy pernah (pada saat itu), Apple penjualan lebih meningkat.

Dengan peningkatan penjualan, bagaimanapun, datang peningkatan ukuran perusahaan, dan pada tahun 1980, ketika Apple III dirilis, Apple memiliki beberapa ribu karyawan, dan mulai menjual komputer di luar negeri. Apple diambil pada sejumlah manajer tingkat menengah lebih berpengalaman dan lebih penting lagi, beberapa investor baru, yang memilih untuk mengambil kursi di dewan direksi. Lama, pria lebih konservatif, direksi baru memastikan bahwa Apple menjadi “perusahaan nyata,” banyak yang cemas banyak karyawan aslinya.

Pada tahun 1981, hal-hal yang mendapat sedikit lebih sulit. Sebuah pasar jenuh membuatnya lebih sulit untuk menjual komputer, dan pada bulan Februari. Apple terpaksa memberhentikan 40 karyawan. Wozniak terluka dalam sebuah kecelakaan pesawat. Dia mengambil cuti dan kembali hanya sebentar. Jobs menjadi ketua komputer Apple pada bulan Maret.

Sejarah Perusahaan: 1981-1983

Setelah kunjungan bersejarah untuk Xerox PARC pada tahun 1979, Jobs dan beberapa insinyur lainnya mulai mengembangkan Lisa, yang akan mendefinisi ulang komputasi personal. Namun Jobs terbukti menjadi manajer proyek yang buruk, dan diambil dari Lisa oleh Mike Markkula, maka presiden Apple, dan salah satu pemegang saham utama. Jobs, yang hanya dimiliki 11% Apple, memutuskan untuk mengambil alih proyek orang lain, dan mulai bekerja dengan Macintosh – yang telah dimulai sebagai $ 500 komputer pribadi. Jobs memastikan itu jauh lebih.

Pada tahun 1981, IBM merilis PC pertama. Dengan kekuatan Big Blue belakangnya, PC dengan cepat mulai mendominasi lapangan. Tim Jobs akan harus bekerja sangat cepat jika mereka berharap untuk bersaing dengan IBM di pasar komputer pribadi. Jobs mulai menyadari bahwa Apple akan menjadi perusahaan “dewasa”, dan menyadari bahwa ia bukan manusia untuk pekerjaan itu.

Pada awal 1983, Jobs mulai ke pengadilan John Sculley, presiden Pepsi-Cola. Pada bulan April, ia berhasil, dan Sculley menjadi presiden dan CEO Apple. Jobs percaya Sculley akan membantu “Apple tumbuh,” tetapi tidak tahu betapa benar ia akan berubah menjadi. Akhirnya, dia kehilangan pekerjaan.

Sejarah Perusahaan: 1983-1985

Meskipun seorang pengusaha sukses, segera menjadi jelas bahwa Sculley tidak tahu banyak tentang industri komputer. Dia dan Jobs itu bertentangan segera. Sebagai pengumuman Macintosh mendekat, Jobs pergi ke hyperdrive. Dia bekerja keras untuk mendapatkan pengembang untuk menulis program untuk mesin mendatang – Jobs menyadari bahwa Mac akhirnya akan dibuat atau rusak oleh industri perangkat lunak.

Pada 22 Januari 1984, selama kuartal ketiga Super Bowl, Apple ditayangkan nya terkenal 60 detik komersial (13,4 MB) memperkenalkan Macintosh. Disutradarai oleh Ridley Scott, adegan Orwellian digambarkan dunia IBM yang hancur oleh mesin baru. Awalnya, Mac dijual sangat baik, tetapi dengan Natal tahun 1984, orang-orang menjadi muak dengan sejumlah kecil RAM, dan kurangnya konektivitas hard drive.

Saat itu sekitar awal tahun 1985 bahwa Jobs dan Sculley mulai berdebat. Sculley percaya Jobs adalah berbahaya dan di luar kendali, Jobs percaya bahwa Sculley tahu apa-apa tentang industri komputer, dan membuat usaha yang miskin untuk belajar. Pada Mei 1985 Jobs memutuskan untuk membuat bermain untuk mengontrol perusahaan. Dia tertarik Sculley untuk menjadwalkan pertemuan di Cina, dan berencana melakukan kudeta ruang rapat sementara Sculley pergi. Pada menit terakhir seseorang membocorkan informasi kepada Sculley, dan ia memutuskan untuk menghadapi Jobs. Setelah pertengkaran antara keduanya, dewan mengambil suara, dan berpihak dengan suara bulat Sculley. Jobs mengundurkan diri hari itu, meninggalkan Sculley sebagai kepala Apple.

Sejarah Perusahaan: 1985-1993

Sculley menjadi de facto kepala Apple pada Mei 1985. Selama beberapa bulan ke depan, Apple terpaksa memberhentikan seperlima dari angkatan kerja, sekitar 1.200 karyawan. Perseroan juga mencatatkan kerugian kuartalan pertama. Semua ini, dan pengunduran diri Jobs, berfungsi untuk mengikis kepercayaan dalam kemampuan Sculley sebagai CEO Apple.

Pada saat yang sama, Sculley menjadi terkunci dalam pertempuran dengan Microsoft Bill Gates atas diluncurkannya Windows 1.0, yang memiliki banyak kesamaan dengan Mac GUI. Gates akhirnya setuju untuk menandatangani pernyataan yang menyatakan bahwa Microsoft tidak akan menggunakan teknologi Mac di Windows 1.0 – itu berkata apa-apa dari versi Windows, dan pengacara Gates memastikan itu kedap udara. Apple secara efektif kehilangan hak eksklusif untuk desain antarmuka. Hal ini akan terbukti menjadi dokumen penting dalam gugatan masa depan antara Apple dan Microsoft, yang melibatkan antarmuka Windows.

Apa yang membawa Mac keluar dari lubang adalah perkenalan kembar LaserWriter, yang pertama terjangkau laser printer PostScript untuk Mac, dan PageMaker, salah satu yang pertama Desktop Publishing program sebelumnya. Kedua bersama-sama membuat Mac solusi ideal untuk penerbitan murah, dan Mac menjadi sukses dalam semalam, lagi.

Pada tahun 1987, Apple memperkenalkan Mac II. Dibangun dengan expandablity dalam pikiran, Mac II membuat garis Macintosh yang layak, keluarga yang kuat dari komputer. Apel adalah “Wall Street Sayang” lagi, (Bergulir Batu) pengiriman 50.000 Mac sebulan. Tampaknya pada tahun 1989 bahwa Windows akan gagal, dan Mac akan naik tinggi untuk dekade berikutnya.

Itu tidak. Pada tahun 1990 pasar sudah jenuh dengan PC-klon dari setiap konfigurasi dibayangkan, dan Apple adalah satu-satunya perusahaan yang menjual Mac. Pada akhir Mei, Microsoft meluncurkan Windows 3.0, yang dapat berjalan di hampir semua PC-klon di dunia. Apple dalam kesulitan.

Ide atas Apple untuk solusi adalah untuk lisensi Mac OS. Sementara banyak orang percaya itu akan mengikis kualitas Mac, atau bahwa itu akan menciptakan lebih banyak kompetisi, itu menjadi jelas bahwa Apple tidak bisa memberikan baik perangkat keras dan perangkat lunak untuk menggerakkan sebuah industri. Ada juga bicara tentang porting OS untuk berjalan pada mesin berbasis Intel.

Itu Michael Spindler, Apple baru COO, yang serial ide, mengatakan bahwa itu adalah “terlambat untuk lisensi.”

Pada akhir 1991, Apple merilis generasi pertama dari PowerBook, yang sukses instan. Pekerjaan sedang dilakukan pada tipe baru komputer, Personal Digital Assistant (PDA), Apple yang disebut Newton. Sculley mengambil minat langsung di Newton, dan melaju Newton sampai selesai pada bulan Agustus 1993. Generasi pertama dari Newton memiliki sangat miskin pengenalan tulisan tangan (2.1 MB), dan tidak menjual dengan baik.

Sculley mulai kehilangan minat dalam hari ke hari operasi dari Apple. Akhirnya Apple Direksi memutuskan mereka sudah cukup. Pada bulan Juni 1993, mereka lega Sculley dari jabatannya sebagai CEO, menempatkan Spindler di kursi besar. Sculley tetap dengan perusahaan sebagai ketua selama beberapa bulan dan kemudian mengundurkan diri.

Sejarah Perusahaan: 1993-1996

Spindler, oleh semua account, adalah orang yang salah untuk pekerjaan. Seorang pria yang cukup impersonal, kantor Spindler adalah hampir mustahil untuk masuk ke dalam. Namun, dalam dua dan setengah tahun sebagai CEO, Spindler mengawasi beberapa prestasi.

Pada tahun 1994 Apple mengumumkan keluarga PowerMac, para Mac pertama yang didasarkan pada chip PowerPC, prosesor sangat cepat dikembangkan bersama dengan IBM dan Motorola. Prosesor PowerPC Mac memungkinkan untuk bersaing dengan, dan dalam banyak kasus melampaui, kecepatan prosesor yang lebih baru Intel.

Spindler juga memutuskan untuk lisensi Mac OS ke beberapa perusahaan, termasuk Power Computing, salah satu yang lebih sukses pembuat Mac-clone. Tapi banyak yang yakin Apple terlalu membatasi dalam perjanjian lisensi, dan hanya segelintir perusahaan yang pernah lisensi Mac OS.

Masalah terburuk Apple tidak menjual komputer – itu membangun mereka. Oleh Juni 1995 Apple telah 1 milyar dolar di backorders – dan tidak memiliki bagian-bagian untuk membangun mereka. Masalah Apple ditambahkan ke oleh rilis akhir musim panas Windows ’95, yang menirukan Mac GUI lebih baik dari sebelumnya.

Apple mengambil risiko terburuk pernah di musim dingin 1995-1996. Salah menilai pasar, Apple mendorong murah performas atas PowerMac mid-range, dan gagal untuk membuat keuntungan sama sekali. Apel membukukan kerugian $ 68.000.000 untuk kuartal tersebut. Pada Januari 1996, Spindler diminta untuk mengundurkan diri sebagai CEO dan digantikan oleh Gil Amelio, mantan presiden National Semiconductor.

Sejarah Perusahaan: 1996-1997

Amelio melakukan upaya yang kuat untuk membawa Apple kembali ke profitabilitas, tetapi usahanya akan terbukti menjadi sebagian besar tidak berhasil. Setelah 100 hari pertama sebagai CEO, Amelio mengumumkan perubahan luas dalam struktur korporasi perusahaan. Perusahaan ini akan dibagi menjadi 7 divisi terpisah, masing-masing bertanggung jawab untuk keuntungan sendiri atau rugi. Dia juga telah membuat upaya untuk menjaga pengembang dan pelanggan lebih banyak informasi mengenai urusan sehari-hari perusahaan. Meskipun perusahaan mengumumkan mengejutkan $ 740.000.000 kerugian bagi Q1 1996, mereka membawa kerugian yang turun ke $ 33.000.000 untuk Q2, mengalahkan semua perkiraan oleh para ahli keuangan terbaik. Di Q3 Apple keuntungan hampir $ 30 juta, ahli keuangan lagi mencengangkan, yang memperkirakan kerugian dari sebanyak. (Apple kehilangan jauh lebih banyak di Q4.)

Pada akhir Desember 1996, Apple membuat pengumuman industri menghancurkan bahwa itu akan mengakuisisi NeXT, dan bahwa Steven Jobs akan kembali ke flip. Merger itu dibawa dalam rangka memperoleh NeXTstep, yang kemudian menjadi dasar bagi Apple generasi berikutnya OS, Rhapsody, yang dijadwalkan untuk rilis 1998.

Departemen Newton berputar off menjadi anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya, Newton, Inc

Pada awal Juli 1997, Apple mengumumkan pengunduran diri Gil Amelio, menyusul kerugian lain kuartalan multi-juta dolar. Ini datang sebagai kejutan bagi hampir semua orang, dan saat ini CEO baru belum diumumkan. Badan Eksekutif dilaporkan merasa bahwa Amelio telah melakukan semua yang dia bisa untuk Apple, dan bahwa sementara ia telah bertanggung jawab untuk sejumlah perbaikan di Apple, ia bisa melakukan tidak lebih. Sementara itu Fred Anderson, CFO Apple, telah dimasukkan ke dalam biaya operasi sehari-hari, dan Steve Jobs diberi “diperluas peran” di Apple untuk sementara.

Sejarah Perusahaan: 1997-2000

Kehadiran Jobs dikenal hampir secepat NeXT diakuisisi. Tingkat Jobs “diperluas peran” segera menjadi cukup jelas. Dengan tidak CEO dan Apple Stock rendah daripada sudah dalam 5 tahun, ada banyak keputusan yang harus dibuat, dan tidak banyak waktu untuk membuat mereka. Jobs mulai membuat perubahan mencolok dalam struktur Apple, termasuk membatalkan dari Newton spin-off. (The Newton dihentikan beberapa bulan kemudian.) Waktu dan tempat untuk yang paling pengumuman ground breaking, bagaimanapun, akan MacWorld Boston pada bulan Agustus 1997.

Jobs, yang sekarang sedang disebut sebagai “CEO interim,” membuat keynote speech, dan berbicara tentang kampanye mendatang perusahaan agresif iklan, mendatang Mac baru, dan Rhapsody. Dia juga mengumumkan Dewan hampir seluruhnya baru Direksi, termasuk Larry Ellison, CEO Oracle. Tapi dia menyimpan yang terbaik untuk yang terakhir. Dalam keputusan ground breaking, Jobs mengumumkan aliansi dengan Microsoft. Dalam pertukaran untuk $ 150 juta saham Apple, Microsoft dan Apple akan memiliki paten 5 tahun lisensi silang dan, lebih penting lagi, penyelesaian akhir dalam argumen GUI sedang berlangsung. Microsoft setuju untuk membayar jumlah yang belum pernah dirilis dari dana tambahan untuk menenangkan tuduhan bahwa mereka telah mencuri properti intelektual Apple dalam merancang OS Windows. Microsoft juga mengumumkan bahwa Office ’98, paket office populer, akan tersedia untuk Mac dengan tahun akhir.

Pengumuman ini memberi Apple kehidupan baru, tapi Jobs tidak selesai. Ada satu kendala besar lebih banyak untuk mengatasi: Clones. Jobs merasa bahwa Vendor Clone seperti Power Computing yang memotong ke pasar Apple high-end, di mana mereka secara tradisional membuat sebagian besar keuntungan. Klon telah gagal untuk secara efektif memperluas pasar MacOS, bukannya mengambil pelanggan dari Apple. Jobs diperbaiki kegagalan nyata dari percobaan Clone oleh semua tapi menarik steker. Pada awal musim gugur tahun 1997, Apple mengumumkan niatnya untuk membeli Power Computing MacOS lisensi, dan banyak dari staf teknik. Kekuatan pergi keluar dari bisnis beberapa bulan kemudian, dengan Apple mengambil alih dukungan produknya. Apple juga dibeli lisensi MacOS nya dari Motorola dan IBM. Umax diizinkan untuk tinggal dalam permainan, tetapi dengan pemahaman diam-diam bahwa mereka akan mengisi pasar low-end, dengan mesin dijual di bawah $ 1000. Umax menjual persediaan yang tersisa dari Mac, dan sekarang menjual “Wintel” kotak.

Pada tanggal 10 November 1997, Apple menggelar konferensi pers lain, di mana Jobs mengumumkan perubahan lebih lanjut untuk strategi perusahaan Apple. Apple kini akan menjual komputer langsung, baik melalui web dan ponsel, sebagai Power Computing telah melakukannya dengan baik di masa lalu. Jobs juga mengumumkan dua komputer Apple baru: PowerMac G3, dan PowerBook G3.

Apple Store adalah sukses melarikan diri, dan dalam waktu seminggu adalah situs eCommerce terbesar ketiga di web. Pada MacWorld San Francisco pada bulan Januari, Jobs mengumumkan bahwa Apple telah, untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu tahun, memiliki menguntungkan Kuartal Pertama – untuk lagu $ 44 Juta. Ini jauh melampaui proyeksi analis, dan mengirim saham Apple kembali ke 20-an. Pada April 1998, Jobs mengumumkan kuartal lain menguntungkan ($ 57 juta), yang datang sebagai kejutan besar bagi hampir semua orang. Jobs terus momentum bergerak, dan pada awal Mei mengumumkan PowerBook G3 baru, Apple Store Pendidikan, dan desain Mac yang sama sekali baru – iMac. IMac akan jadi jawaban Apple atas pertanyaan konsumen low-end, dengan lebih dari daya komputasi yang cukup bagi kebanyakan orang, dengan harga yang terjangkau. Kemudian bulan itu, dalam keynote di WWDC, Jobs mengumumkan pergeseran dramatis dalam Apple arah OS. Mac OS X akan menggabungkan OS 8 dan Rhapsody – Apple versi mendatang NeXTstep – menjadi satu OS yang kuat, dengan semua fitur dari OS modern dan kompatibilitas dengan sebagian besar OS 8 aplikasi.

Pada Juli 1998, Jobs mengumumkan bahwa Apple telah diuntungkan untuk kuartal ke-3 berturut-turut – untuk lagu $ 101.000.000. Hal ini membantu mendorong saham Apple ke beberapa tertinggi 52-minggu hanya dalam beberapa hari. IMac adalah komputer terlaris di negara untuk sebagian besar musim gugur, dan melaju penjualan Apple jauh melampaui sebagian besar prediksi. Pada musim gugur, Jobs mengumumkan lain kuartal menguntungkan, membuat tahun penuh profitabilitas. Pada Januari 1999, Jobs mengumumkan turut kuartal 5th, dengan pertumbuhan tahun-ke tahun, dan ramping baru PowerMac G3.

Pada bulan Juli 1999, Steve Jobs diisi kuadran terakhir dalam “Apple Matrix Produk” – konsumen portabel – ketika ia memperkenalkan iBook. Berdasarkan prinsip-prinsip yang sama yang telah membuat iMac seperti panas menjual tahun sebelumnya, iBook membawa gaya ke pasar portable low-end. Beberapa bulan kemudian, Jobs mengumumkan PowerMac G4, baru mesin desktop profesional yang signifikan. Saham Apple telah naik sepanjang musim panas, dan pada pertengahan September diperdagangkan pada tinggi sepanjang waktu, di tahun 70-an tinggi.

Dalam Keynote dramatis di MacWorld Expo SF pada Januari 2000, Jobs meluncurkan Apple baru strategi Internet: suite mac-satunya aplikasi berbasis internet yang disebut “iTools” dan kemitraan eksklusif dengan Apple sebagai Earthlink direkomendasikan ISP. Jobs juga mengumumkan bahwa ia akan menjatuhkan “interim” dari gelar jabatannya, menjadi CEO permanen Apple. Penjualan Apple terus meningkat, seperti halnya harga saham, yang telah naik ke 130 pada awal Maret.

Pada bulan Juli 2000, Apple mengumumkan membunuh mesin-mesin baru, termasuk PowerMac G4 Cube, yang menambahkan kategori kelima strategi produk empat sudut Apple. Cube adalah jawaban Apple untuk mereka yang ingin iMac tanpa monitor, serta tantangan untuk industri komputasi untuk terus memperkecil ukuran komputer sambil meningkatkan daya tarik visual mereka. Cube itu terbesar berjudi Jobs telah membuat sejak rilis iMac. Ini akan berubah menjadi kegagalan gemilang.

Sejarah Perusahaan: 2000-2004

Paruh kedua tahun 2000 adalah berbatu untuk Apple. Penjualan lebih lambat (baik untuk Apple dan industri secara keseluruhan), dikombinasikan dengan kesalahpahaman dari pasar konsumen mengakibatkan kuartal menguntungkan pertama dalam tiga tahun. Salah satu faktor dalam penurunan ini adalah Cube G4, yang menjual buruk terutama karena harga yang tinggi dibandingkan dengan produk Apple lainnya. Faktor lain adalah keputusan Apple untuk menyertakan DVD-ROM drive di konsumen mereka dan mesin profesional bukan CD-RW drive. Akibatnya, Apple kehilangan kesempatan penjualan kepada pelanggan yang ingin membakar CD mereka sendiri. Apple mulai untuk memperbaiki masalah ini pada akhir tahun 2000, ketika memotong harga pada seluruh baris PowerMac. Apple mengambil langkah berikutnya pada bulan Januari 2001, ketika mengumumkan baris baru PowerMac, baik dengan drive CD-RW atau “SuperDrive” baru yang bisa membaca dan menulis kedua CD dan DVD. Apple juga mengumumkan dua aplikasi baru: iDVD, program DVD-authoring, dan iTunes, yang memungkinkan pengguna untuk menyandikan dan mendengarkan lagu-lagu MP3, dan kemudian membakar mereka ke CD.

Semua ini adalah bagian dari strategi perusahaan Apple baru, yang dikembangkan dalam menghadapi besar-besaran memperlambat di industri Teknologi: Apple mengambil keuntungan dari ledakan perangkat elektronik pribadi – CD-player, MP3 player, kamera digital, DVD player , dll – dengan membangun Mac-satunya aplikasi yang nilai tambah bagi perangkat tersebut. Sama seperti iMovie telah menambahkan nilai yang sangat besar untuk Kamera Digital, iDVD akan menambah nilai Kamera Digital dan DVD-player, dan iTunes akan menambah nilai CD dan MP3 player. Itu Apple harapan bahwa membuat Mac “Digital Hub” yang baru “Digital Lifestyle” akan merevitalisasi penjualan Apple dan menjamin keamanan jangka panjang perusahaan.

Pada bulan Mei 2001, Steve Jobs mengumumkan bahwa Apple akan membuka sejumlah toko ritel di seluruh Amerika, tidak hanya menjual komputer Apple, namun berbagai pihak ketiga “digital lifestyle” produk, seperti mp3 player, digital dan kamera video, dan PDA . Apple juga mengumumkan update besar untuk garis iBook, desain yang lebih kecil dan ringan yang meminjam banyak dari PowerBook G4. Pada bulan Juli, Apple iMac segar dan G4, dan “produksi ditangguhkan” dari Cube G4, mengakhiri bulan spekulasi mengenai bagaimana Apple akan menghadapi kegagalan gemilang Cube di pasar.

Kejatuhan 2001 membawa revisi baru ke PowerBook G4 dan garis iBook, yang terakhir yang telah dijual sangat baik selama musim panas. Pada akhir Oktober, Apple mengumumkan produk non-komputer pertama dalam beberapa tahun, iPod. IPod adalah pemutar musik digital-drive berbasis keras kecil, dan mewakili penambahan hardware pertama Apple untuk “digital hub” strategi. Pada $ 399, iPod menghadapi tantangan serupa dengan Cube G4 menyedihkan: itu disukai gaya dan bentuk-faktor di atas harga. Apple mengambil berjudi lain dengan pengisian premi untuk desain yang unggul iPod dan ukuran kecil.

Pada bulan Januari 2002, Apple diciptakan kembali desktop konsumen, sekali lagi, ketika merilis iMac panel datar. Hal ini juga mengumumkan iPhoto, paket perangkat lunak baru yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna kamera digital. Apel meluncur melewati paruh pertama tahun 2002, menunjukkan keuntungan melalui dua kuartal pertama.

Apel tersandung pada paruh kedua tahun 2002, bagaimanapun, sebagian besar disebabkan oleh kondisi makro ekonomi. Dengan pembelian PC sedikit yang dibuat, Apple bergegas untuk menjaga diri segar di pasar menyusut. Pada bulan Juni, Apple memperkenalkan “Pengalih” nya ad campain, yang akan tumbuh menjadi salah satu sejarah Apple paling populer dan sukses dari. Berdasarkan monolog non-scripted orang nyata, beralih campain membuat kasus terkuat untuk Mac di dunia PC.

Pada bulan Juli 2002, Steve Jobs mengumumkan bahwa layanan iTools gratis akan digulung menjadi berbasis langganan “dotMac” layanan baru. Dikombinasikan dengan iCal baru saja diumumkan dan iSync, dotMac ditujukan lanjut sentralisasi Mac dalam gaya hidup berteknologi tinggi. Pada Januari 2003, Apple merilis iLife, paket perangkat lunak paket yang termasuk iTunes, iPhoto, iMovie dan iDVD, sebesar $ 50. (Semua kecuali iDVD bisa bebas didownload dari situs Apple), dalam sebuah drama untuk lebih mendorong konsep digital-hub ke ruang konsumen.

Masalah keuangan Apple terus berlanjut sepanjang tahun 2002. Pada bulan Oktober, mengumumkan kerugian kuartalan sebesar $ 45 juta, karena lemah dan PowerBook PowerMac penjualan. Pada tahun 2003, bagaimanapun, Apple mulai pulih, dan untuk membangun masa depan. Pada bulan Januari, Apple mengumumkan dua PowerBook G4 model baru, 12 “model mirip dengan yang ada 12” iBooks, dan raksasa, layar lebar 17 “model, ditujukan pada pasar desain grafis. Apple juga mengumumkan bahwa mereka akan pengiriman nya sendiri Web Browser, Safari, dalam upaya nyata untuk kurang tergantung pada Microsoft untuk apa yang secara luas diyakini menjadi produk yang lebih rendah.

The PowerBook baru terjual dengan baik, dan penjualan iMac panel datar tetap stabil, tetapi Apple masih dalam kesulitan di pasar desktop profesional. Pengembangan Motorola dan produksi G4-keluarga prosesor terus tertinggal jauh di belakang harapan Apple. Ternyata bahwa prosesor G4 telah menemui jalan buntu. Apel bekerja untuk memperbaiki situasi dengan mengembangkan prosesor baru dengan IBM, dan pada bulan Juni 2003 datang ke berbuah dengan rilis dari PowerMac G5. G5 Chip, berdasarkan IBM Power4 chip merupakan prosesor 64-bit, yang berarti dapat mengatasi lebih banyak memori dan memproses sejumlah besar dari sepupu G4 32-bit. The PowerMac G5 mewakili pergeseran hugh untuk Apple, yang didesain ulang motherboard dan kasus dari awal. Berbeda dengan PowerMac G4, yang didasarkan kuat pada perangkat keras yang ada G3, G5 adalah semua baru, dan cepat. Meskipun pasokan yang terbatas, G5 dijual dengan baik dan berbuat banyak untuk meningkatkan Intinya Apple.

Sementara itu, iPod mulai lepas landas. Pada bulan April 2003, Apple meluncurkan iTunes Music Store, yang akan menjual lagu individu melalui aplikasi iTunes, untuk 99 sen masing-masing. Lagu-lagu ini bisa dimainkan hanya pada Mac atau iPod, tetapi Apple merasa bahwa dengan menawarkan mudah digunakan, layanan musik tanpa basa-basi, itu bisa membuat terobosan signifikan ke pasar musik digital. Apple melakukan pekerjaan rumah mereka: ketika mengumumkan, iTunes Music Store sudah mendapat dukungan dari lima label rekaman besar, dan katalog lebih dari 200.000 lagu.

Pada bulan Oktober 2003, Apple merilis iTunes untuk Windows. Sementara iPod telah tersedia untuk Windows untuk beberapa waktu, telah menggunakan perangkat lunak pihak ketiga yang gagal untuk memberikan pengalaman pengguna yang unik bahwa iTunes / iPod integrasi diperbolehkan. Dengan rilis stabil, user-friendly versi Windows iTunes, yang mencakup baik iPod dan Musik integrasi Store, Apple siap untuk mengambil industri musik digital oleh badai. Apple disemen posisinya dengan Januari 2004 merilis iPod mini, yang sementara dalam kapasitas kecil dari iPod asli, lebih kecil daripada banyak ponsel.

Pada tahun pertama saja, iTunes Music Store menjual lebih dari 70 juta lagu, dan pada bulan Juli jumlah ini telah meningkat menjadi lebih dari 100 juta. ITunes Music Store memiliki pangsa pasar 70% di antara semua layanan download musik online legal. iPod telah pindah dari mainan mahal untuk must-have hadiah Natal, dan Apple menemukan dirinya dalam posisi memiliki monopoli untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade.

Terus Melangkah Maju Dan Ciptakan Inovasi Terbaru

Posted in Education

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s